Tips Sukses Berinvestasi Yang Harus Anda Ketahui

Setiap orang tentu saja menginginkan kekayaan, oleh karena itulah maka Anda harus berusaha untuk memperoleh kekayaan tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk meraih kekayaan, salah satunya adalah investasi. Cara yang satu ini memang semakin diminati oleh masyarakat di Indonesia, pasalnya investasi merupakan salah satu cara yang sangat sesuai bagi masyarakat yang ingin mendapat keuntungan tetapi tidak memiliki waktu untuk berbisnis.

Investasi sendiri merupakan suatu kegiatan penanaman uang ataupun aset lainnya dalam jangka waktu tertentu demi memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Pada umumnya investasi memang dilakukan dalam jangka waktu menengah hingga jangka waktu panjang. Saat ini Anda tentu saja sudah bisa melihat ada berbagai macam jenis investasi yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi, maka pada kesempatan kali ini akan kami berikan beberapa tips sukses berinvestasi yang harus Anda ketahui.

Tips Sukses Berinvestasi Yang Harus Anda Ketahui

  1. Memahami Resiko Toleransi

Tips pertama yang bisa Anda ikuti jika ingin sukses dalam berinvestasi adalah memahami resiko toleransi, hal yang satu ini sangatlah penting untuk Anda lakukan. Pasalnya sebagai sebagai seorang investor maka Anda harus mengetahui seberapa besar jumlah resiko yang mampu untuk Anda terima dan juga berapa batas minimum resiko yang bisa Anda ambil sehingga Anda bisa meminimalisir kerugian.

  1. Tentukan Target Aset Yang Siap Diinvestasikan

Perlu Anda ketahui bahwa memiliki keseimbangan yang tepat antara resiko toleransi dan tujuan finansial akan sangat membantu Anda dalam nenentukan target investasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Anda bisa memperluas portofolio dengan mudah. Pada umumnya seorang investor yang memiliki resiko toleransi tinggi akan lebih memilih untuk melakukan investasi pada target dengan profit yang juga lebih tinggi.

  1. Rutin Melakukan Rebalancing

Sebagai seorang investor yang baik, maka Anda dituntut untuk rutin melakukan rebalancing yang mana merupakan suatu proses untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan bobot aset yang Anda investasikan dalam sebuah portofolio investasi. Di dalam dunia saham, rebalancing biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menjaga tingkat alokasi aset agar sesuai dengan yang Anda inginkan.

 

  1. Pahami Kapasitas Resiko

Ada banyak sekali investor yang terpancing emosinya untuk mengambil tingkat resiko yang lebih besar melebihi tingkat resiko yang mampu ditanggungnya. Hal tersebut merupakan suatu kesalahan yang sangat fatal karena akan bisa menghancurkan portofolio. Oleh karena itulah maka sebaiknya Anda bisa memahami sejauh mana kapasitas resiko yang mampu untuk Anda ambil.

  1. Fokus Kepada Tujuan Jangka Panjang

Pada saat mengelola portofolio investasi, maka hendaknya Anda menggunakan berbagai macam pendekatan seperti misalnya keseimbangan dan disiplin. Hal ini sangatlah penting untuk Anda lakukan dengan tujuan agar bisa lebih fokus terhadap tujuan finansial jangka panjang. Anda tidak boleh tergoda kepada jenis investasi lainnya yang justru akan merusak portofolio.

Apabila Anda ingin sukses dalam berinvestasi, maka tidak ada salahnya jika Anda mengikuti beberapa tips yang telah diberikan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *