Tips Mendapatkan Perumahan Aman Di Bekasi

Rumah tinggal yang aman merupakan dambaan bagi sebagian besar masyarakat khususnya kelas menengah. Banyaknya tindak kejahatan yang terjadi di kota besar memang dijadikan pertimbangan agar memilih rumah yang jauh dari resiko tindak kejahatan tersebut. Kejahatan bisa terjadi dipusat kota ataupun di pinggiran kota, bergantung dari pelaku kejahatan memanfaatkan kesempatan untuk melakukan tindak kejahatannya tersebut. Pandangan umum yang terdapat di masyarakat pun adalah umumnya rumah yang terlihat mewah dan bagus adalah yang paling sering dijadikan target oleh pelaku kejahatan. Bahkan belum lama kejadian di daerah pluit Jakarta saja perumahan mewah yang sudah dilengkapi dengan petugas keamanan di bagian depan tetap saja bisa terdapat pelaku kejahatan yang beraksi hingga mendapatkan korban.

Pada dasarnya keamanan dapat diciptakan sendiri dan tidak bergantung dari jenis perumahan bekasi yang diambilnya. Jika memang prioritasnya adalah keamanan, maka tidak heran jika pilihannya akan jatuh pada perumahan yang dilengkapi dengan petugas keamanan hingga cctv dan sejenisnya, yang tentunya akan berdampak pada harga beli rumah tersebut yang tentunya sangat mahal. Nah pilihan tergantung kembali pada kamu akan memilih rumah yang seperti apa, namun sebagai panduan berikut beberapa tips untuk mendapatkan perumahan aman di Bekasi, antara lain :

  1. Perumahan Cluster

Perumahan jenis ini umumnya unit perumahan yang ditawarkan jumlahnya tidak banyak dan dilengkapi dengan petugas keamanan. Akses masuk ke perumahannya pun hanya dibuat satu jalan saja dari gerbang utama dan tidak ada jalan alternative lainnya. Dengan sistem tersebut tentunya resiko kejahatan yang mungkin terjadi pun dapat diminimalisir. Walaupun memang pemilik rumah cluster harus memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan keluar masuk perumahan bekasi cluster. Selain itu resiko lain adalah biaya keamanan yang relative tinggi karena kemanan rumah yang terjamin dan dipastikan aman.

  1. Tidak Memprioritaskan Jenis Villa

Rumah yang jenis villa yang umumnya sering disewakan untuk dijadikan tempat penginapan ini sebenarnya sedikit kurang aman. Ini dikarenakan rumah jenis villa tersebut sering kali ditinggalkan dan jarang dihuni orang setiap harinya. Walaupun ada penjaga villanya yang menjaga villa namun umumnya penjaganya tidak menjaga selama 24 jam karena jumlah penjaga yang minim. Resiko minim keamanan lainnya adalah jika villa tersebut berada dilokasi pegunungan yang masih aktif, dimana dapat meletus sewaktu-waktu, inilah yang membuat resiko keamanannya sedikit kurang aman.

  1. Lokasi Terjamin aman

Ini merupakan hal utama, sebab baik lokasi yang strategis yang dapat meningkatkan nilai jual ada pula lokasi rumah yang terjamin aman dari musibah seperti banjir hingga Gempa bumi. Sebagai contoh perumahan bekasi yang kurang aman dari musibah banjir adalah perumahan didaerah bulak kapal bekasi timur, misalnya perumahan jati mulya. Di perumahan tersebut hampi setiap hujan datang akan memberikan dampak banjir yang pastinya akan mengganggu akses keluar dan masuk perumahan. Rata-rata banjir yang terjadi tingginya kurang lebih 50 – 70 cm, dimana surutnya bisa 1 jam lebih . Masih banyak lagi daerah yang lain di Bekasi yang kuran aman dari musibah banjir seperti daerah Pondok gede, Jati Keramat hingga Perumahan jakasampurna.

  1. Fasilitas keamanan lengkap

Walaupun perumahan bekasi yang memiliki fasilitas keamanan lengkap memang jarang ditemukan dibekasi, namun jika dari sisi biaya kamu tidak ada masalah maka disarankan untuk memilih perumahan yang memiliki fasilitas keamanan dengan menggunakan cctv yang tampilannya terpusat di pos pengamanan perumahan. Jenis perumahan ini memang jarang sekali yang berbentuk cluster, namun banyak yang berupa apartemen. Walaupun rumah dengan apartemen berbeda dari sisi luas tanah dan hak guna bangunannya, akan tetapi secara konsep sama-sama sebagai rumah tinggal, hanya ukurannya yang tidak besar namun dipastikan fasilitas keamanan dan fasilitas umum tersedia.

Nah buat kamu yang tinggal di bekasi saat ini pilihan jenis tempat tinggal dapat kamu putuskan akan memilih jenis rumah atau apartemen. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri, selain itu dari sisi harga pun jauh berbeda. Oleh karenanya jika pilihan kamu adalah lebih cenderung pada tempat tinggal yang aman terjamin, maka pilihlah apartemen, namun jika dari sisi biaya dan ingin terjamin pula dari sisi keamanan, maka dapat memilih perumahan cluster. Hingga saat ini pilihan apartemen di bekasi sudah cukup banyak sehingga kamu tidak perlu khawatir tidak kebagian. Keuntungan lain bila memilih apartemen selain keamanan yang terjamin, lokasinya pun rata-rata berada denkat dengan pusat kota Bekasi. Dengan begitu kamu dapat beraktifitas lebih mudah menjalankan kegiatan sehari-hari ke tempat bekerja.

Jika kamu masih bingung menentukan pilihan tempat tinggal antara apartemen dan perumahan, maka Tanya kembali diri kamu sendiri, jika ingin lebih kuat secara asset dapat memilih rumah tinggal jenis cluster dan dilengkapi sendiri dengan CCTV dan alarm untuk keamanan yang diinginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *