Pasti, Inilah 3 Hal Penyebab Laptop Lemot

cara-mengetahui-penyebab-laptop-lemot-banner

Menguak persoalan penyebab laptop lemot sangatlah kompleks. Bisa berasal dari internal laptop itu sendiri, dan bisa juga berasal dari faktor pihak ketiga yang kita jalankan dalam laptop itu. Internal laptop berkaitan dengan spesifikasi yang ada pada laptop itu, sementara pihak ketiga, bisa berasal dari program yang kita jalankan atau memaksa laptop kita berjalan tak sesuai kehendak. Seperti virus dan malware.

Penyebab Laptop Jadi Lemot

Laptop terkoneksi internet kampus. Istilah anak kampus disebut wifian atau cari wifi gratis milik kampus. Denga badwin besar, pengguna wifi yang kebetulan sedikit karena sedang hari libur, jadi koneksi mulus dan kencang. Bahkan bisa ngebut buat download film. Terutama karena laptop juga terinstal Internet Download Manager. Kecepatan tertulis saat download mencapai 9 MBps. Dalam satu waktu, melakukan download lebih dari satu film. Meski kecepatan terbagi, nyatanya 3 downloadan itu sama-sama berkecepatan 4 MBps. Sayangnya, laptop tiba-tiba jadi lemot. Sulit sekali kursor di jalankan dan menerima perintah. Kenapa?

Ternyata, aktivitas download yang berlebihan. Bisa menyebabkan laptop jadi lemot. Dan juga ada beberapa aktivitas lain. apa saja itu penyebab laptop lemot?

  1. Download Berlebihan

            Kebanyakan leptop yang dimiliki pengguna Indenesia bukanlah Laptop kelas premium yang di desain dengan spesifikasi tinggi. bahkan untuk aktivitas browsing dan download dengan internet saja, biasanya mengakibatkan laptop jadi lemot. Kemungkinan karena banyaknya data yang masuk ke laptop. Jadi jangan bermimpi, kamu bisa berjalan ngebut dengan internet jika kamu memiliki koneksi cepat. Sebab bisa saja laptop kamu tidak mampu menerima koneksi cepat itu. Saran terbaik, cobalah untuk tidak melakukan download lebih dari dua aktivitas download dalam satu waktu.

  1. Terlalu banyak Menjalankan program

            Silakan periksa Taks Manager kamu, kamu bakal lihat seluruh aktivitas yang terjadi di Laptop kamu. kamu bisa lihat Prossess (seluruh program yang berjalan) kamu juga bisa lihat, CPU, Memory (RAM), Disk, Wi-Fi, Internet dan lainya. Ini bisa jadi ukuran kamu untuk menentukan, berapa banyak aplikasi yang kamu jalankan. Dan juga bisa kamu jadikan ukuran, berapa ruang yang dibutuhkan aplikasi tersebut. Kalau kamu menjalankan banyak aplikasi secara otomatis pasti ruang yang tersisa makin sedikit. Semakin sedikit ruang yang tersisa, semakin lemot pula laptop berjalan. Jadi tutuplah aplikasi yang tidak kamui gunakan. Kamu juga harus memeriksa aplikasi yang berjalan di latar. Jangan sampai kamu tidak membutuhkan aplikasi itu, tapi aplikasi terus saja berjalan.

Cara untuk membuka Taks manager, bisa kamu lakukan dengan tekan tombol Ctrl bersama dengan Shift dan Delete. Kamu bakal melihat beberapa pilihan menu bersama dengan Taks manager, silakan klik Taks manager. Lalu lihatlah beberapa aplikasi yang berjalan. Kalau kamu ingin mematikan aplikasi tersebut, kamu tinggal klik kanan pada aplikasi tersebut. Lalu pilih End Taks.

  1. Aplikasi kadaluarsa atau Virus?

Aplikasi yang sudah kadaluarsa atau tidak di update, bisa juga jadi penyebab laptop lemot. Termasuk juga aplikasi yang tidak kopatible dengan laptop. Tapi ini mudah di atasi, kamu cukup cari yang terbaru yang kopatibel. Nah kalau virus yang sudah masuk ke laptop kamu dan menyebabkan laptop jadi lemot. Kamu mungkin butuh usaha ekstra untuk membersihkanya dan mengembalikan laptop kamu ke performa yang sebenarnya.

Jika sudah punya uang, jangan ragu untuk beli yang baru. Sebab teknologi terus berkembang. Maka program yang dijalankan pada sebuah laptop juga berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *