Menilik Program Kampung Berseri Astra Sejak 2013

PT Astra International Tbk senantiasa menggalakkan program KBA alias Kampung Berseri Astra. Program ini sendiri telah dijalankan sejak 2013 silam. Kini, total sudah ada 77 Kampung Berseri Astra yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Fokus kampung-kampung ini ada pada bidang pendidikan, kesehatan, kewirausahaan serta lingkungan. Bahkan, sepanjang tahun 2018 ini, Astra tengah mengembangkan 300 Desa Sejahtera yang tersebar di 100 Kabupaten. Bagian terpenting dari program KBA ialah adanya keberlanjutan agar masyarakatnya kelak bisa hidup sejahtera serta mandiri. Tiap kampung juga memiliki keunggulan masing-masing dengan kebutuhan beragam sehingga tidak dapat diseragamkan.

 

Dalam program ini, pihak Astra juga tidak memberi dana melainkan beragam pelatihan serta alat-alat yang bisa mendukung program tersebut. Untuk bisa mensukseskan program ini, Astra turut menjalin kerjasama dengan tokoh penggerak yang memiliki peranan penting dalam masyarakat. Selain itu, tokoh penggerak ini juga harus memiliki keinginan maju serta memiliki potensi kearifan lokal unggul. Pada 27 hingga 28 September 2018 silam, PT Astra International Tbk bersama para karyawan perusahaan grup Astra, media serta blogger bersama-sama mengadakan aksi hijau di Kampung Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka sendiri adalah salah satu dari 77 Kampung Berseri Astra. Dalam aksi ini, Astra mengajak seluruh peserta dalam menjelajah serta mempelajari ragam aktivitas yang ramah lingkungan.

 

Ragam aktivitas yang dilakukan pada aksi hijau ini di antaranya mengamati cara kerja biodigester, urban farming, sumur resapan, menanam 500 pohon mangrove, membuat ecobrick serta terumbu karang guna mencegah abrasi maupun kerusakan ekosistem laut. Kampung Berseri Astra secara keseluruhan diharapkan akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui empat pilar yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan juga Kesehatan. Kampung-kampung ini sendiri dibagi ke dalam lima kategori yaitu Kampung Cyber, Kampung Produktif, Kampung Wisata, Kampung Budaya serta Kampung Hijau. Masing-masing memiliki kelebihannya dan juga kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Ini menjadikan satu kampung dengan kampung lainnya akan tampak unik dan dapat dikembangkan secara maksimal.

 

 

Ramah Difabel dan Halte Bersih di Kampung Berseri Astra (KBA) Keputih

 

Program Kampung Berseri Astra atau KBA yang dicanangkan PT Astra International Tbk telah berhasil mengembangkan hingga 77 kampung di 34 provinsi di Indonesia. Salah satunya adalah KBA Keputih di Sukolilo, Surabaya. Tidak hanya mandiri, KBA Keputih turut ramah difabel melalui adanya produk UMKM kreasi penyandang disabilitas serta komputer bicara. Komputer ini dibawakan salah satu penerima apresiasi dalam SATU Indonesia Awards 2015 bernama Tutus Setiawan. Komputer juga telah jadi salah satu media belajar untuk para penyandang tunanetra. Tutus yang merupakan tunanetra sejak 2 SD telah giat menggerakkan penyandang tunanetra lain supaya dapat hidup mandiri seperti orang normal.

 

Walau pernah kecewa akan keadaannya, namun dukungan sang ibu membuat semangat Tutus berkobar kembali. Ia masuk SLB dan menyadari dirinya tak sendirian saja. Ada banyak teman sepenanggunan yang sama-sama memiliki nasih kurang menyenangkan seperti dirinya. Ia juga mendapat semangat dari teman-teman yang ada di sekelilingnya. Hingga kini, Tutus telah jadi lulusan S2 UNS dan kerap menunjukkan dukungan pada gerakan-gerakan yang tujuannya mengubah stigma negatif di masyarakat terkait penyandang disabilitas. Ia ingin agar masyarakat tak melakukan diskriminasi serta mengucilkan penyandang disabilitas. Tutus aktif pula dalam memberi pelatihan bisnis online tunanetra serta melakukan survei dalam mengetahui data masalah pendidikan inklusif pada 14 sekolah inklusi Surabaya.

 

Pengembangan KBA Keputih dapat dijadikan role model alias panutan oleh kampung-kampung lainnya yang sama-sama tengah berkembang. Hal ini turut ditekankan dalam perayaan HUT ke-60 Astra di mana para karyawan mengadakan Festival Kampung Berseri Astra. Para karyawan turut melakukan aksi sosial berupa membersihkan halte sebagai Inspirasi Halte Bersih. Sepanjang perayaan HUT ini, Astra akan turut merevitaliasi 600 halte yang ada di 60 kota. Aksi sosial ini akan dilakukan di Halte Menur, Halte Dharmawangsa, Halte Prapen SDN serta Halte Prapen SMA. Inspirasi Halte Bersih sekaligus akan menutup rangkaian kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra yang dilakukan di Surabaya. Inspirasi berikutnya akan dilakukan di Medan, Makkasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *